Kamis, 31 Mei 2012

PROGRAM PADAT KARYA UNTUK MEMBUKA WILAYAH TERISOLIR DI KULONPROGO


WATES (KR radio) Program padat karya yang dilaksanakan oleh Pemkab Kulonprogo diharapkan agar diprioritaskan untuk membuka wilayah terisolir. Karena di Kulonprogo, terutama di perbukitan Menoreh, masih terdapat beberapa wilayah terisolir yang menyebabkan mobilitas warga relatif terbatas dan potensinya belum bisa teraktualisasikan secara optimal.   
Hal itu dikatakan anggota Komisi III DPRD Kulonprogo H. Ponimin Budi Hartono pada rapat kerja dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (BPMPD dan KB) serta Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Kamis (31/5) di gedung dewan setempat. Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi III H. Tejo Supono dan iikuti oleh segenap anggota.

MENTERI LINGKUNGAN HIDUP TINJAU BIODIGESTER DI KULONPROGO

Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA melihat pemanfaatan Biodigester

WATES (KR radio) Menteri Lingkungan Hidup RI, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA mengunjungi dua rumah warga, yakni Tugiyanto dan Sarbingat yang menerima bantuan biodigester di pedukuhan Kamal desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kamis (31/5). Kedatangan Menteri beserta istri ke Kulonprogo untuk melihat langsung bantuan dari Kementerian LH berupa biodigester yang memanfaatkan limbah kotoran sapi. Kedatangannya disambut Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam IX dan Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K).

Rabu, 30 Mei 2012

BUPATI KULONPROGO CANANGKAN BBGRM TINGKAT KABUPATEN


Bupati saat membuka BBRGM, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Harganas
WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) membuka Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  Ke-9, Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-40 dan HARGANAS  Ke-19  tahun 2012, bertempat di Balai Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur, Rabu (30/5).
Acara ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati, dihadiri oleh perwakilan Forkorpimda, beberapa kepala SKPD dan Camat serta Kepala Desa se-Kecamatan Galur.

DPRD LUMAJANG KUNKER KE KULONPROGO

Kunjungan kerja DPRD Lumajang ke Kulonprogo

WATES (KR  radio) Komisi A DPRD kabupaten Lumajang, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Kulonprogo, Rabu (30/5) untuk mencari referensi tentang kebijakan pengelolaan pertambangan di gedung DPRD. Rombongan diterima oleh Wakil Ketua DPRD Drs. Sudarto bersama segenap anggota Komisi I.
Menurut Ketua Komisi A DPRD kabupaten Lumajang, Drs. Sugiyantoko, saat ini pengelolaan pertambangan pasir besi di wilayahnya masih mengalami banyak masalah, diantaranya disebabkan adanya regulasi yang tidak jelas sehingga memunculkan konflik antara pemkab, investor dan masyarakat.

DESA NGARGOSARI SAMIGALUH MAJU LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI DIY


WATES (KR radio) Desa Ngargosari kecamatan Samigaluh maju mewakili kabupaten Kulonprogo dalam lomba desa tingkat propinsi DIY 2012. Verifikasi lomba desa tingkat propinsi dilaksanakan Selasa (29/5) di Balai Pertemuan Desa Ngargosari Samigaluh. Lomba dilaksanakan dengan dasar tiga materi penilaian yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan, Kelembagaan masyarakat, 10 Program PKK serta kerjasama. Desa ngargosari maju mewakili Kulonprogo setelah mengalahkan 87 desa nominator lainnya.

Selasa, 29 Mei 2012

WADUK SERMO, TUAN RUMAH FESTIVAL REOG & JATHILAN III YOGYAKARTA

Kadinas Kebudayaan Pariwisata Kulonprogo Eko Wisnu memberikan keterangan Festival Reog dan Jathilan

WATES (KR radio) Dinas Kebudayaan Pariwisata kabupaten Kulonprogo dan Dinas Pariwisata DIY akan menggelar Festival Reog dan Jathilan, yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2012 jam 09.00 di pelataran Obyek Wisata Waduk Sermo, Kulonprogo.
Festival Reog dan Jathilan di Kulonprogo ini merupakan agenda kegiatan wisata yang sudah  rutin tiap tahun di gelar Dinas Pariwisata DIY dan yang ketiga kalinya. Event serupa, sebelumnya sudah diselenggarakan di Kota Yogyakarta dan Kaliurang, Sleman, dan rencananya tahun depan akan diselenggarakan di Gunungkidul.

PENDAFTARAN SNMPTN JALUR TULIS HINGGA 31 MEI


Yogyakarta (KR radio) Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN lewat jalur Undangan telah dapat diakses melalui laman SNMPTN pada tanggal 26 Mei 2012 petang, setelah melalui tahap seleksi.
Jumlah pendaftar SNMPTN 2012 Jalur Undangan sebanyak 236.811 orang termasuk didalamnya siswa penerima Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yang mendaftar Jalur Undangan sebanyak  75.034 orang, sedangkan jumlah pendaftar yang  dinyatakan lulus seleksi sebanyak 53.401 (22,55 %), termasuk didalamnya siswa penerima Program Bidikmisi sebanyak 15.313 ( 20,41 %) }.
Direktur Administrasi Akademik UGM, Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, D.E.A., D.E.S.S mengatakan Universitas Gadjah Mada, dari 29.955 pendaftar jalur undangan, telah diterima 3.602 peserta, diantaranya adalah 783 peserta Bidik Misi (21,73%).

Minggu, 27 Mei 2012

EKSPEDISI TALUNOMBO TEMPAT WISATA KHUSUS

Bupati Hasto Wardoyo saat berada di puncak Gunung Bangkong

WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) beserta beberapa kepala SKPD, anggota DPRD dapel Pengasih-Kokap beserta rombongan club motor trail menyusuri jalan di pedukuhan Talunombo desa Sidomulyo Kecamatan Pengasih minggu (27/5).
Acara yang dikemas dalam Ekspedisi Talunombo, Bupati beserta rombongan harus naik sepeda motor untuk menuju lokasi yakni sungai Gembor yang airnya berasal dari mata air Goa Kiskendo dan Puncak Gunung Bangkong.

BEDAH RUMAH, BUPATI TIDAK SREG PAKAI TENDA KURSI

Bupati Hasto di rumah milik Sagi

WATES (KR radio) Program bedah rumah yang setiap minggu dilakukan tidak lepas dari kesederhanaan dalam hidup yang terus di gelorakan oleh Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Program ini juga tak luput dari kegiatan yang dilakukan, seperti yang dilakukan Bupati saat melakukan bedah rumah lansia milik Sagi di pedukuhan Kulwaru Kulon desa Kulwaru kecamatan Wates dan Sumidi di pedukuhan Sideman desa Giripeni Kecamatan Wates, pada hari Minggu (27/5). Di rumah Sagi, Bupati disambut menggunakan tenda dan kursi plastik.

LAUNCHING BATIK KULONPROGO GEBLEK RENTENG MERIAH

Ales Candra Wibawa pemenang desain batik khas Kulonprogo Geblek Renteng

WATES (KR radio) Launching Motif Batik Khas Kulonprogo Geblek Renteng yang berlangsung di obyek wisata alam Dolan Deso di desa Banjarasri Kecamatan Kalibawang, Jum’at malam (25/5) berlangsung meriah. Acara di gelar bersamaan dengan kegiatan Festival Kesenian Rakyat (FKR) yang menampilkan kesenian dari 12 Kecamatan.
Acara dihadiri Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bakri, Dirut SKH Kedaulatan Rakyat dr. Gun Nugroho Samawi, Forkorpimda, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Umum panitia lomba disain batik khas Kulonprogo dr. Hj. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K), mantan Bupati Kulonprogo H. Toyo Santoso Dipo serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kulonprogo.

Sabtu, 26 Mei 2012

SISWA AMBIL LANGSUNG KELULUSAN SMA/ SMK DI KANTOR POS WATES

Siswa menunjukkan hasil kelulusan di kantor pos Wates

WATES (KR radio) Tidak sabar ingin segera melihat hasil kelulusan, siswa siswi kelas XII dari 3 sekolah, masing-masing SMK 1 Maarif Wates, SMK Muhammadiyah 3 Wates dan SMK N Panjatan mengambil langsung hasil kelulusan di kantor pos Wates, sabtu (26/5) pagi, sebelum hasilnya sampai ke rumah masing-masing.

MENTERI PARIWISATA MARI ELKA PANGESTU TERKESAN KULONPROGO

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu melihat kerajinan Kulonprogo

WATES (KR radio) Festival Kesenian Rakyat yang menampilkan beragam kesenian dari 12 Kecamatan, digelar di obyek wisata alam Dolan Deso, desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Jum’at (25/5) sore mendapatkan kunjungan tamu istimewa yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu.
Mari hadir bersama Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Firmansyah Rahim, Kepala Pusat Informasi dan Humas I Gusti Ngurah Putra dan Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Bakri di sambut Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Kadinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Eko Wisnu Wardhana.

Jumat, 25 Mei 2012

KULONPROGO JUARA TIGA TOGA TINGKAT NASIONAL


WATES (KR radio) Desa Hargotirto Kecamatan Kokap, yang mewakili Kulonprogo dalam lomba tingkat Nasional Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) berhasil meraih juara tiga. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Hj. Vita Gamawan Fauzi kepada Ny. Kisworo mewakili Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo, pada hari Rabu (23/5) lalu disela-sela Seminar masalah Posyandu, yang merupakan rangkaian acara peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) IX dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-40 Tingkat Nasional yang berlangsung di Puspa Agro Jemundo-Sidoarjo Jatim. Sedangkan Puncak acara BBGRM IX dan HKG PKK ke-40 Tingkat Nasional berlangsung Kamis (24/5).
Terkait keberhasilan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dr. Hj. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K), Jum’at (25/5) merasa bersyukur atas keberhasilan TOGA Kulonprogo yang mampu meraih penghargaan Upakarti Utama 3 Nasional,  yang diharapkan menjadi pemacu untuk meraih prestasi lebih baik di masa yang akan datang.
“Tentu bersyukur masuk tiga besar nasional, dengan meraih penghargaan Upakarti Utama 3 Nasional diharapkan menjadi lebih memacu, tidak terlena tetapi menjadi motivasi artinya  perlu ditingkatkan lagi, sehingga kedepan lebih meningkat prestasinya,”katanya.
Sedangkan pengurus PKK Kabupaten Ny. Kisworo yang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten untuk menerima penghargaan bersama Ny. Hj. Suciati Kasdiyono menambahkan juara nasional yang meraih Upakarti Utama 1 diraih Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah dan Upakarti Utama 2 diraih Kabupaten Lampung Tengah propinsi Lampung. (dani wibisono)

Kamis, 24 Mei 2012

PEMBENTUKAN BNNK DI KULONPROGO, PERLU KAJIAN ORGANISASI

Audensi BNN DIY dengan Pemkab Kulonprogo

WATES (KR radio) Badan Narkotika Nasional (BNN) dibentuk berdasarkan UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dan Peraturan Presiden No. 23 tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional, untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika (zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan narkotika).  Dalam organisasinya, BNN memiliki perwakilan di provinsi maupun di kabupaten/kota.
Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Kulonprogo, Budi Wibowo, SH, MM, di Kulonprogo sebenarnya sudah memiliki Badan Narkotika Kabupaten (BNK) sesuai dengan Keputusan Bupati No. 76 tahun 2012 tentang Badan Narkotika Kabupaten. Namun organisasi yang ada masih belum sesuai dengan UU No. 35/2009 karena BNK Kulonprogo saat ini merupakan organisasi ex officio Pemkab Kulonprogo, sedangkan yang diinginkan dalam UU tersebut BNN kabupaten/kota merupakan instansi vertikal. Hal tersebut disampaikan pada saat audiensi antara BNN Provinsi DIY yang dipimpin langsung oleh Ketua BNNP DIY, Drs. Budiharso, Msi dengan Pemkab Kulonprogo, di Gedung Joglo, Kamis (24/05).

BUPATI TINJAU TMMD KE-88 di SENGIR KOKAP

Kegiatan gotong royongwarga Sengir Kokap
 
WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) bersama Dandim 0731 Kulonprogo Letkol Inf Tommy Siagian dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan KB Drs. M. Rosyadudin meninjau kegiatan gotong-royong warga masyarakat pedukuhan Sengir desa Kalirejo Kecamatan Kokap, Rabu (23/5) sore.
Warga masyarakat pedukuhan Sengir bersama anggota Kodim 0731 Kulonprogo melakukan pembangunan corblock jalan sepanjang 1.070 meter lebar 2,5 meter. Ruas jalan tersebut menghubungkan pedukuhan Sengir dan pedukuhan Papak desa Kalirejo, yang titik awal dan akhir telah diaspal meski sudah sebagian besar aspal mengelupas. Kondisi medan yang sulit karena turunan yang tajam sehingga masyarakat lebih memilih dengan cor semen dibanding dengan aspal.

BUPATI BUKA FESTIVAL LOMBA SISWA PENDIDIKAN KHUSUS

Siswa siswi SLB unjuk kebolehan menari angguk

WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) membuka Festival Lomba dan Gebyar Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dan Jambore tingkat Propinsi DIY di lapangan Pengasih, Rabu (23/5). Acara dihadiri Direktur PKLK Kemendikbud, Kadinas Dikpora DIY Drs. R. Kadarmanto Baskoro Aji, serta guru SLB se-DIY.  Pembukaan di tandai pemukulan gong oleh Bupati Kulonprogo dan pelepasan balon oleh Direktur PKLK Dr. Suci Haryanto, MPd, MM serta pelepasan karnaval oleh Kadinas Dikpora DIY.
Pembukaan dimeriahkan tarian angguk oleh siswa-siswi SLB dan beberapa tarian perwakilan serta gabungan dari sekolah di 5 kabupaten/ kota.

Rabu, 23 Mei 2012

INGIN TAHU LEBIH JAUH, BUPATI MENINJAU BIOGAS MILIK WARGA

Bupati Hasto Wardoyo melihat langsung biodigester di rumah warga

WATES (KR radio) Untuk mengetahui keberadaan serta pemanfaatan secara lebih detail tentang biodegester yang selama ini digalakkan pemerintah sebagai energi alternatif, Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) melakukan peninjauan ke beberapa rumah warga yang telah mendapatkan bantuan.
“Saya hanya ingin tahu lebih detail proses dan keberadaan biodegester, sebagai energi alternatif yang telah banyak dimanfaatkan masyarakat, karena jadi Bupati baru beberapa bulan belum tahu biodegester seperti apa, padahal setiap tahun ada bantuan, sehingga apabila diajak bicara tentang biodegester bisa nyambung, itu saja,”terang Hasto, Rabu (23/5).

PEMKAB KULONPROGO TETAP MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PANGHAYAT KEPERCAYAAN

Sarasehan Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) Kulonprogo

WATES (KR radio) Sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor : 43 Tahun 2009/Nomor : 41 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelayanan Kepada Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maka Pemerintah Daerah memberikan pelayanan kepada Penghayat Kepercayaan yang meliputi pelayanan administrasi organisasi Penghayat Kepercayaan, pemakaman dan sasana sarasehan.
Namun dalam memberikan pelayanan kepada Penghayat Kepercayaan, harus tetap memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan masyarakat, menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati, dan saling percaya antara Penghayat Kepercayaan dengan masyarakat, serta mengoordinasikan kegiatan instansi vertikal dan perangkat daerah di provinsi dalam pemeliharaan kerukunan antara Penghayat Kepercayaan dengan masyarakat.
Dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Bersama Mendagri dan Menbudpar tersebut, Kantor Kesbaglinmas menyelenggarakan Sarasehan Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) yang dilaksanakan di Gedung Binangun, Kompleks Kantor Pemkab Kulonprogo, Rabu (23/05).

WARGA KLEPU DAN MEJING MINTA 5 KANDANG DI RELOKASI


WATES (KR radio) Warga Pedukuhan Klepu dan Mejing, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang ngotot agar kandang ayam pedaging yang ada di dekat permukiman dan fasilitas umum untuk direlokasi. Ada 5 buah kandang yang dinilai sangat mengganggu kenyamanan warga setempat. Lokasi ke-5 kandang tersebut dekat dengan pasar, mushola, SD dan TK.
Demikian diungkapkan Basuki, warga Klepu yang juga anggota tim independen untuk menyelesaikan masalah tersebut, usai mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPRD, Rabu (23/5) di gedung dewan. Rapat dengar pendapat diikuti oleh Kepala SKPD terkait, tim independen, pengusaha ayam serta warga 2 pedukuhan.

RENCANA MELAKUKAN PELAYANAN KESEHATAN, TNI AU BERTEMU BUPATI

Pertemuan perwakilan Mabes AU dengan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo

WATES (KR radio) Dalam rangka persiapan Hari Bhakti dan HUT TNI AU, Markas Besar TNI AU melakukan audiensi dengan Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), yang diikuti berbagai instansi, SKPD terkait yang ada di Kulon Progo dan dan perwakilan dari TNI AU bertempat di Gedung Joglo Pemkab Kulon Progo, Selasa (22/5). Audiensi ini bertujuan untuk pemetaan permasalahan dan untuk mensinergikan program antara TNI AU dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar.

Selasa, 22 Mei 2012

PERMINTAAN INFORMASI HARUS DILAYANI DENGAN CEPAT DAN TEPAT

Acara Sosialisasi UU No. 14/ 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

WATES (KR radio) Garda terdepan keberhasilan implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) adalah kualitas pengelolaan dan pelayanan  informasi melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada pada setiap badan publik. Permintaan informasi sesuai mekanisme yang benar harus bisa dilayani dengan cepat, tepat waktu, biaya ringan dan wajar, serta sesederhana mungkin.
Hal tersebut dikatakan Sekda Budi Wibowo,SH,MM yang membacakan sambutan Bupati Kulonprogo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), pada acara Sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik  (KIP) di Gedung Binangun Pemkab, Selasa (22/5).

DPRD NGANJUK BELAJAR MANAJEMEN PDAM KULONPROGO


WATES (KR radio) Komisi B DPRD kabupaten Nganjuk, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (Kunker) tentang manajemen dan pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di DPRD Kulonprogo, Senin (21/5). Rombongan dewan beserta jajaran direksi PDAM Nganjuk dipimpin oleh Ketua DPRD Nganjuk Nurwandi Nurdin, SH. MH. dan diterima Ketua Komisi II Yusron Mustofa dan segenap anggota.

Minggu, 20 Mei 2012

BUPATI BERHARAP ADA PENGUSAHA MEMOTONG SISTEM IJON

Forum Pagi Cordova

WATES (KR radio) Para petani di kabupaten Kulonprogo baik yang melakukan tanam padi maupun petani gula kelapa kebanyakan masih tergantung kepada sistem ijon. Untuk itulah upaya akan terus dilakukan agar petani tersebut bisa terbebas dari sistem ijon yang menjadi salah satu faktor penyebab kemiskinan. Karena dengan sistem ini para petani menjadi permainan para tengkulak yang cukup modal, disisi lain petani inginnya praktis cepat mendapatkan uang.
Demikian ditandaskan Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) pada Forum Pagi Cordova di Rumah Dinas, Minggu (20/5) pagi. Forum ini dihadiri para pimpinan SKPD, ustadz Farid Tri Widodo mewakili ketua Indonesia Islamic Bisnis forum (IIBF), dr. Udi Suhono, SpB beserta seluruh keluarganya dari Pekalongan dan Semarang, yang menghadirkan motivator metamorfosis Drs. H. Dwiyono Irianto, MM tentang Learning Investment.

BUPATI HASTO WARDOYO DINOBATKAN SEBAGAI KAPITAN

Bupati Hasto Wardoyo dinobatkan sebagai Kapitan

WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, SpOG(K) dikukuhkan sebagai Kapitan oleh Kerukunan Keluarga Maluku di Kulonprogo, pada acara peringatan ulang tahun ke-195 Pahlawan Pattimura yang berlangsung di Panti Pelajar, Wates, Minggu (20/5).
Bupati Hasto mengatakan masyarakat pantas meneladani perjuangan yang telah dilakukan oleh Kapitan Pattimura pada zamannya, untuk selanjutnya diimplementasikan di zaman kemerdekaan ini untuk memerangi kemiskinan, keterbelakangan dan berbagai kekurangan dari bangsa ini untuk menuju bangsa dan negara yang lebih maju, adil, makmur, dan sejahtera lahir maupun batin.

Jumat, 18 Mei 2012

BUPATI KULONPROGO TANAM POHON PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN

Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) pada acara program pemberdayaan masyarakat miskin dan Konservasi Lahan

WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) melakukan penanaman pohon Sengon di sela-sela tanaman singkong di pedukuhan Karanggede desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo, Kamis (17/5). Kegiatan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat miskin dan konservasi lahan pada daerah rawan bencana di DIY, kerjasama Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY (MPM PWM DIY) dengan MPM Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo dan didukung Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Serayu Opak Progo.

Kamis, 17 Mei 2012

TANGGAPI TUNTUTAN WARGA KLEPU DAN MEJING, PETERNAK SUDAH MEMENUHI KESEPAKATAN


WATES (KR radio) Terkait dengan tuntutan warga Klepu dan Mejing, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo agar kandang ayam ditutup, peternak setempat mengaku pengelolaan ayam sudah sesuai dengan kesepakatan yang pernah dilakukan dengan masyarakat. Kesepakatan tersebut antara lain, pembuatan penampung kotoran, pengerukan kotoran setiap 5 hari sekali serta pemasangan kelambu pada kandang. Hal itu terungkap saat audiensi peternak dengan Komisi II DPRD Kulonprogo yang berlangsung di gedung dewan setempat.

Rabu, 16 Mei 2012

CUTI BERSAMA PNS PEMKAB KULONPROGO LIBUR 4 HARI


WATES (KR radio) Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menikmati libur cuti bersama selama 4 hari mulai Kamis (17/5) sampai Minggu (20/5). Hal ini terkait dengan libur nasional pada hari Kamis (17/5) bertepatan dengan Kenaikan Yesus Kristus, sedangkan Jum’at (18/5) cuti bersama sesuai keputusan pemerintah yakni Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri masing-masing Menteri Agama, Menakertrans dan MenPAN dan RB nomor 7 Tahun 2011, No 04/MEN/VII/2011 dan No SKB/03/M.PAn-rb/07/2011, tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2012.
Kabag TI dan Humas Setda Kulonprogo, Rudy Widiyatmoko, S.Sos mengatakan para PNS Kulonprogo libur selama 4 hari yakni Kamis bertepatan Libur Nasional Kenaikan Yesus Kristus, berikutnya Jum’at Cuti Bersama, dan Sabtu  terkait Pemkab melaksanakan 5 hari kerja, namun demikian pelayanan kepada masyarakat terutama kesehatan tetap buka dengan piket, bahkan sekolah tetap masuk untuk Jum’at dan Sabtu.
“PNS Kulonprogo libur 4 hari mulai Kamis sampai Minggu, untuk itu setiap SKPD selama libur tidak boleh lenggah harus tetap waspada dengan menjaga kantornya dari segala kemungkinan dengan piket karyawannya, jangan kosong blong,”terang Rudy.
Beberapa PNS menyambut gembira dengan adanya libur panjang ini, karena dapat melakukan aktifitas bersama keluarga maupun masyarakat di pagi maupun siang hari, yang selama ini sering pulang di sore hari setelah adanya pemberlakukan 5 hari kerja. (dani wibisono)

BANK INDONESIA DIY DUKUNG PROGRAM PENGEMBANGAN UMKM DI KULONPROGO


WATES (KR radio) Dalam rangka pelaksanaan program pengembangan sektor riil dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Wilayah DIY khususnya Kulon Progo, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Propinsi DIY Mahdi Mahmudi, melakukan pertemuan dengan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Senin(14/5) di Gedung Joglo. Agenda dari pertemuan ini selain perkenalan dan sharing rencana kerjasama terhadap pembinaan dan bantuan teknis terhadap UMKM, diharapkan dapat menjalin silaturahmi dan sinergi antara BI dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

OVOP GULA SEMUT KULONPROGO SIAP GO INTERNASIONAL

Menteri Koperasi dan UKM RI Syarifudin Hasan saat menyerahkan bantuan kepada UKM/ Koperasi

WATES (KR radio) Produk unggulan Kulonprogo, yaitu gula semut melalui pendekatan One Village One Product (OVOP) ditunjuk melalui koperasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI sebagai salah satu rintisan pengembangan produk unggul daerah di Provinsi DIY. Di provinsi DIY, ditunjuk 2 koperasi pelaksana, yaitu KSU Jatirogo dari Kabupaten Kulonprogo dengan produksi gula semut dan Koperasi Kasongan Usaha Bersama di Bantul yang memproduksi gerabah keramik.
Dalam acara Launching Pengembangan Produk Unggulan Gula Semut Kabupaten Kulonprogo dan Gerabah Kabupaten Bantul dengan Pendekatan One Village One Product (OVOP) melalui Koperasi  oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, di Gedung Kaca, Selasa (15/05), Bupati Kulonprogo, dr. H. Hasto Wardoyo mengatakan potensi penyadapan nira sebagai bahan dasar gula kelapa sangat besar terutama di daerah penghasil gula jawa yang meliputi gula merah dan gula kristal atau gula semut  yaitu di Kecamatan Kokap, Kecamatan Girimulyo, Kecamatan Kalibawang, Kecamatan Samigaluh, Kecamatan Lendah, dengan wilayah yang memiliki sertifikasi organik sebanyak 32 Pedukuhan dan kapasitas produksi gula organik 1.506 ton per tahun.

DPRD KUNINGAN BELAJAR PROGRAM JAMKESDA

Ending Suwandi menyerahkan cindera mata kepada Sihabudin

WATES (KR radio) Komisi D DPRD Kabupaten Kuningan, Jawa Barat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Kulonprogo untuk mengetahui tentang pengelolaan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) selasa (15/5) di gedung DPRD Kulonprogo dan diterima oleh Wakil Ketua Komisi IV Sihabudin dan anggota, serta kepala SKPD terkait. Selain Jamkesda, juga mempelajari program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dan ketenagakerjaan.

Selasa, 15 Mei 2012

TIMBULKAN BAU DAN LALAT WARGA KLEPU DAN MEJING MINTA KANDANG AYAM DI TUTUP


WATES (KR radio) Warga pedukuhan Klepu dan Mejing, desa Banjararum, kecamatan Kalibawang menuntut agar 13 kandang ayam yang ada di desa tersebut ditutup. Warga menilai, para peternak mengelola kandang tidak secara profesional sehingga menimbulkan polusi lingkungan berupa bau tak sedap dan lalat. Padahal, sebagian kandang berada di dekat permukiman warga, sekolah dan masjid.
Hal itu terungkap saat audiensi warga dengan Komisi II DPRD Kulonprogo, Senin (14/5) di balai desa Banjararum. Sebanyak 15 warga yang terdiri dari tokoh masyarakat dan pengurus komite sekolah mengungkapkan keluhan tersebut kepada Komisi II.

Senin, 14 Mei 2012

DMI PROPINSI DIY AKAN BERDAYAKAN MASJID HINGGA KECAMATAN

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DIY, Prof. Dr. H. Muhammad, M.Ag menyerahkan kenang-kenangan kepada staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Drs. Musodo

WATES (KR radio) Ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) propinsi DIY periode 2011-2016, Prof. Dr. H. Muhammad, M.Ag berharap semua masjid yang ada di ditingkat kabupaten/ kota sampai kecamatan-kecamatan dapat dirangkul dan dapat diberdayakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang banyak muncul di masyarakat.
Hal tersebut dikatakan Prof. Dr. H. Muhammad, M.Ag ketika melakukan audiensi dengan Bupati Kulonprogo di Gedung Joglo Pemkab, Senin (14/5). Dalam kesempatan itu Ketua Umum DMI propinsi DIY dan beberapa pengurus serta Ketua DMI kabupaten Kulonprogo Arief Sudarmanto, SH diterima  staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Drs. Musodo, Kepala Kemenag Kulonprogo Drs. H. Ridwan Priyanto, M.Pdi dan Kabag Kesra H. Jumanto, SH.

Kamis, 10 Mei 2012

MASYARAKAT PERLU PEMAHAMAN DETEKSI DINI BENCANA LONGSOR

sosialisasi kesiapsiagaan peringatan dini dalam mengantisipasi terjadinya bencana

MASYARAKAT PERLU PEMAHAMAN DETEKSI DINI BENCANA LONGSOR

WATES (KR radio) Kulonprogo yang sebagian wilayahnya berbukit-bukit memiliki potensi besar terjadinya tanah longsor. Hal ini mendorong BPBD DIY maupun Kulonprogo untuk lebih sering melakukan sosialisasi penanggulangan dan penanganan bencana, khususnya tanah longsor. Salah satunya adalah sosialisasi kesiapsiagaan peringatan dini  dalam mengantisipasi terjadinya bencana di masyarakat yang digelar oleh BPBD DIY di Kulonprogo, Rabu (9/5).

Rabu, 09 Mei 2012

WAKIL BUPATI LEPAS KONTINGEN POSPEDA KULONPROGO

Kontingen Pospeda Kulonprogo berpamitan dengan Wabup Drs. H. Sutedjo

WATES (KR radio) Sebanyak 67 atlit, 15 pelatih dan 18 anggota panitia kontingen Kulonprogo akan mengikuti Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA)  Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari tanggal 8 - 11 mei 2012. Rombongan kontingen berpamitan dengan Wakil Bupati Kulonprogo Drs. H. Sutedjo di halaman kantor Pemkab Kulonprogo, Selasa sore (8/5).

Selasa, 08 Mei 2012

SUWARDIYANTO PENEMU CAGAR BUDAYA MEMPEROLEH PIAGAM PENGHARGAAN


WATES (KR radio) Suwardiyanto (35) warga Dusun V, Desa Tayuban, Kecamatan Panjatan Kulonprogo, penemu benda cagar budaya menerima penghargaan dan piagam dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jogjakarta. Penghargaan yang diberikan berupa uang tunai Rp 4.800.000,- serta piagam yang diserahkan  Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo di Ruang Asek II Selasa (8/5).

Senin, 07 Mei 2012

TKPK HARUS BISA MEMBUAT PRIORITAS PENGENTASAN KEMISKINAN

Wabup Drs. H. Sutedjo membuka Pembekalan Kader Penanggulangan Kemiskinan

WATES (KR radio) Pemerintah kabupaten Kulonprogo mempunyai komitmen yang kuat untuk mempercepat pengurangan angka kemiskinan. Komitmen ini telah dituangkan di dalam RPJMD 2011 - 2016 yang menargetkan angka kemiskinan berkurang 1,5% setiap tahunnya. Demikian disampaikan Wakil Bupati Kulonprogo, Drs. H. Sutedjo, saat membuka Pembekalan Kader Penanggulangan Kemiskinan di gedung Binangun, kompleks kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Senin (7/5).
Sutedjo menambahkan bahwa untuk mempercepat upaya penanggulangan
kemiskinan, di Kabupaten Kulonprogo telah dibentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) tingkat Kabupaten, TKPK tingkat Kecamatan dan Kader Penanggulangan Kemiskinan.
“Kami harapkan akhir Mei ini telah selesai dibentuk 87 TKPK Desa dan 1 TKPK Kelurahan, sehingga mempermudah pencapaian target menurunkan angka kemiskinan,”harap Sutedjo.
Pembekalan tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan penanggulangan kemiskinan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang berbagai kegiatan penanggulangan kemiskinan yang ada di kabupaten Kulonprogo. Informasi dan pemahaman tersebut diharapkan akan memperlancar tugas TKPK dalam melaksanakan tugas mendampingi masyarakat miskin untuk memperoleh layanan yang ada di kabupaten Kulonprogo.
Secara umum, masyarakat miskin mempunyai keterbatasan akses terhadap fasilitas dan layanan yang telah disediakan, melalui pendampingan kader diharapkan masyarakat miskin akan lebih mudah untuk mengakses fasilitas dan layanan yang tersedia. Pada gilirannya nanti diharapkan semua masyarakat miskin di kabupaten Kulonprogo dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan sesuai dengan kebutuhannya.
Menurut Sutedjo, kemiskinan di Kulonprogo diukur dengan 16 Indikator Kemiskinan sesuai Perbup No. 39 tahun 2011. Hingga kini terdapat 5 indikator kemiskinan tertinggi di Kulonprogo, yaitu penggunaan bahan bakar kayu, konsumsi daging yang relatif rendah, pembelian pakaian yang hanya 1 stel per tahun, pendapatan kurang dari Rp 225.059 per bulan/ jiwa dan belum adanya MCK.
“Kader (TKPK) harus bisa membuat prioritas pengentasan kemiskinan sesuai dengan indeks indikator tertinggi, sehingga mempermudah pemberian bantuan ataupun memberi daya ungkit kepada masyarakat miskin,” tutur Sutedjo.
TKPK sebagai wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan untuk penanggulangan kemiskinan bertugas melakukan koordinasi penanggulangan kemiskinan dan mengendalikan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan. Tugas tersebut menganut 4 prinsip dasar yaitu perbaikan  dan pengembangan sistem perlindungan sosial, peningkatan akses layanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin dan pembangunan yang inklusif. Keempat prinsip tersebut mendasari strategi TKPK dalam menurunkan beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil serta membentuk sinergi kebijakan dan pronangkis. (dani wibisono)

Minggu, 06 Mei 2012

BRI DAN KR PEDULI NELAYAN PANTAI SELATAN KULONPROGO

Direktur PT. BP. Kedaulatan Rakyat dr. Gun Nugroho Samawi menyerahkan sembako

WATES (KR radio) Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT. BP. Kedaulatan Rakyat melakukan kegiatan sosial peduli nelayan dengan membagikan 2000 paket sembako kepada masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani (KT) Nelayan pantai selatan Kulonprogo di dermaga pelabuhan Karangwuni Wates, Kulonprogo, minggu (6/5).

BATIK GEBLEK RENTENG KARYA ALES CANDRA WIBAWA SENTOLO JUARA LOMBA DESAIN MOTIF BATIK KHAS KULONPROGO

Bupati dan Wabup melihat hasil karya juara pertama Lomba Desain Batik Khas Kulonprogo

WATES (KR radio) Desain motif batik dengan judul Geblek Renteng karya Ales Candra Wibawa (16) warga pedukuhan Dlaban Rt 08 Rw 04 Sentolo, Kulonprogo meraih juara pertama dalam Lomba Desain Motif Batik khas Kulonprogo berdasarkan penilaian Panitia Lomba Desain Motif Batik Khas Kulonprogo tahun, Minggu (6/5).

Sabtu, 05 Mei 2012

KENAIKAN RETRIBUSI TAK BERPENGARUH SIGNIFIKAN TERHADAP PENINGKATAN PAD

Persetujuan 4 raperda menjadi perda dalam rapat paripurna DPRD Kulonprogo

WATES (KR Radio) 4 Raperda meliputi Penyelenggaraan Izin Gangguan, Retribusi Izin Gangguan, Retribusi Izin Trayek dan Retribusi Terminal disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda. Namun kenaikan retribusi dinilai tidak akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara signifikan. Selain jumlah kenaikannya kecil, obyek pungutannya juga masih relatif sedikit serta ditentukan oleh banyak variabel yang belum banyak dimiliki masyarakat Kulonprogo.
Demikian dikatakan Ketua Panitia Khusus (Pansus) empat Raperda Suparjo ST, usai digelar rapat paripurna persetujuan bersama 4 Raperda, Jumat (4/5) di gedung dewan setempat.

Kamis, 03 Mei 2012

JMI GELAR MUJAHADAH DI PILOT PLANT KARANGWUNI

Mujahadah yang digelar oleh PT. Jogja Magasa Iron (JMI) di lokasi Pilot Plant Karangwuni

WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) mengatakan kegiatan mujahadah yang digelar oleh PT. Jogja Magasa Iron (JMI)  di lokasi Pilot Plant Karangwuni bertujuan untuk mohon doa kepada Alloh SWT agar diberikan keselamatan, kebaikan dan kelancaran  dalam melaksanakan pekerjaan. Tidak ada sama sekali pemikiran untuk membanggakan diri karena sebagai orang tua sudah seharusnya berpikir dewasa.
“Menjadi orang berjiwa besar mestinya menjadi tujuan bukan sekedar menjadi orang sukses. Sukses bagi orang besar ibarat sugih tanpa bandha, glurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake, sedangkan berbuat baik adalah hal yang utama karena segala kekuatan jahat di dunia akan hancur oleh keutamaan dan kebajikan atau falsafah orang Jawa sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti,”kata Hasto pada saat Doa Bersama Mujahadah PT. JMI di Pilot Plant Karangwuni, Rabu (2/5) malam. Acara dihadiri Wakil Bupati Drs. H. Sutedjo, Sekda Budi Wibowo, SH. MM, Preskom PT. JMI Lutfie Heyder, dan masyarakat sekitar, serta siraman rohani oleh KH.Sumari.

Rabu, 02 Mei 2012

SELESAIKAN TUGAS LEMHANAS BUPATI KUNJUNGAN KE CINA DAN VIETNAM


WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) akan melakukan kunjungan selama sembilan hari ke depan ke negara Cina dan Vietnam, mulai jum’at - sabtu (4-12/5). Kunjungan Bupati kali ini bukan program dari Pemkab Kulonprogo untuk menjalin kerjasama antar negara tetapi menyelesaikan kegiatan Diklat Lemhanas yang sempat tertunda karena sebelumnya Lemhanas diakhir kegiatan telah menjadwalkan kunjungan lapangan.

DINAS PENDIDIKAN KULONPROGO SIAP KAWAL GENERASI EMAS INDONESIA

Wabup Kulonprogo Sutedjo menyerahkan piala kejuaraan dalam peringatan Hadiknas

WATES (KR radio) Pada periode tahun 2010 sampai 2035 Indonesia harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, akses seluas-luasnya harus diberikan kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan; mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun semua memahami bahwa pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan. Demikian amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhammad Nuh yang di bacakan Wakil Bupati Kulonprogo Drs. H. Sutedjo pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang berlangsung di alun-alun Wates, selasa pagi (2/5).

Selasa, 01 Mei 2012

BURUH KULONPROGO PERINGATI MAY DAY DENGAN JALAN SEHAT

Wabup Drs. H. Sutedjo melepas peserta jalan sehat memperingati Hari Buruh Internasional

WATES (KR radio) Memperingati hari buruh Internasional atau May Day, Serikat Pekerja dan Apindo kabupaten Kulon Progo bersama Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat, Selasa (1/5).

BUPATI BERHARAP KOTA WATES TAK ADA LAGI TPS SAMPAH


WATES (KR radio) Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) berharap tumbuh kesadaran dari warga masyarakat terutama di kota Wates dalam permasalahan pengelolaan sampah, sehingga diharapkan tidak ada lagi bak-bak kontainer sebagai TPS (Tempat Pembuangan Sementara) di beberapa sudut kota yang letaknya strategis, padahal di dekatnya terdapat beberapa warga masyarakat yang berjualan sehingga sangat tidak layak, tidak nyaman dan tentu tidak sehat karena adanya bau yang sangat menyengat.